Selamatkan Messi, Barcelona Sengaja Depak Ronaldinho dan Deco, Kenapa?

0
105
Hattrick Lionel Messi Cetak Gol ke 6000 buat Blaugrana

Di awal kariernya, Lionel Messi pernah merasakan bermain bersama Ronaldinho dan Deco. Sebagai pemain yang kala itu masih muda, bermain bersama pesepakbola senior selevel Ronaldinho dan Deco, tentu sangat membantu perkembangan karier kapten Argentina itu.

Tapi kehadiran Messi juga yang pada akhirnya membuat Ronaldinho dan Deco, harus rela “dibuang” Barcelona. Kenapa dibuang, karena ternayata ada faktor non teknis dibalik penjualan Ronaldinho dan Deco oleh Barcelona di 2008.

Barcelona melepas Ronaldinho ke AC Milan pada musim panas 2008, di waktu yang sama The Catalans juga menjual Deco ke Chelsea. Penjualan kedua pemain penting itu menjadi bagian dari perombakan skuat, di mana Lilian Thuram, Gianluca Zambrotta, dan Giovani Dos Santos juga dilepas.

Penjualan Ronaldinho dan Deco ternyata tak semata soal kebutuhan taktikal atau terkait dengan kebijakan keuangan klub. Barcelona melepas dua bintangnya itu demi melindungi Messi.

Dilaporkan Marca, Messi yang saat itu tengah jadi rising star dikhawatirkan terkena pengaruh buruk yang dibawa Deco dan Ronaldinho. Ketika itu mereka kerap datang ke latihan dalam keadaan mabuk.

“Ronaldinho dan Deco datang ke latihan dalam keadaan mabuk. Itulah mengapa Ronaldinho dan Deco dijual pada 2008. Karena mereka (Barcelona) takut kedua pemain itu akan memberi pengaruh ke Messi,” ucap mantan gelandang Barcelona, Alexander Hleb.

Hleb datang ke Camp Nou juga di musim panas 2008. Dia menjadi salah satu pembelian anyar Barca selain Seydou Keita, Gerard Pique, dan Dani Alves – serta Sergio Busquets yang dapat promosi dari Barcelona B.

Dalam prosesnya keputusan manajemen Barcelona kala itu terbilang benar. Barcelona bisa maksimal memanfaatkan Messi, mengantar mereka menyapu bersih gelar juara musim tersebut. Bahkan hingga kini, Messi terus memberi kontribusi kepada barcelona dengan sederet torehan tropi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here