Kedatangan Malcom ke Camp Nou sempat menghadirkan kontroversi, pasalnya mantan pemain Bordeaux itu awalnya akan bergabung dengan AS Roma, namun Barcelona membajaknya di saat-saat terakhir.

Dalam proses, Malcom akhirnya resmi menjadi bagian Barcelona. Namun sepertinya saat ini mendapat “tuah” atas keputusannya membajak Malcom.

Alih-alih langsung moncer, sejak didatangkan ke Camp Nou, Malcom tak bisa mengamankan satu tempat di starting lineup. Ernesto Valverde disebut tak puas dengan performa pemain asal Brasil itu.

Sejak bergabung pada awal musim 2018-19, Malcom baru mencatatkan sembilan penampilan di seluruh kompetisi yang diikuti Barcelona.

Kondisia di atas pada akhirnya menimbulkan spekulasi soal masa depan Malcom. Manajemen kabarnya akan melepaskan Malcom pada Januari 2019, bertepatan dengan dimulainya jendela transfer musim dingin.

Niatan Barcelona itu pun mendapat respon dari Guangzhou Evergrande. Klub asal China disebut berani membuat tawaran sebesar 45 juta euro untuk Malcom.

Meskipun tertarik dengan tawaran itu, Barcelona tak bisa memaksa Malcom untuk hengkang.

Malcom masih berniat untuk membuktikan dirinya di Barcelona. Ia dikabarkan tak ingin meninggalkan klub tersebut setelah baru separuh musim bergabung.

Sebelumnya, Everton dan Arsenal disebut tertarik untuk memboyong Malcom dari Barcelona. The Gunners membutuhkan winger setelah Danny Welbeck mengalami cedera.