YouTube Selamatkan Karier Adik Eden Hazard

Sempat terbuang, nasib Thorgan Hazard, diselamatkan YouTube. Kok bisa!!

0
209

Mungkin banyak dari kalian, yang hanya mengenal satu Hazard di kancah sepakbola dunia saat ini. Hal itu sah-sah saja, namun perlu diketahui, ternyata Hazard lain yang sekarang ini mencoba mencuri perhatian pencinta sepakbola dunia.

Yup, selain Eden Hazard yang saat ini sudah menjadi bintang Chelsea, sekaligus, pemain andalan timnas Belgia. Kini sang adik, Thorgan Hazard, perlahan tapi pasti mulai mencuri perhatian, dan bukan tidak mungkin menyamai level sang kakak.

Melihat rekam jejak Thorgan semenjak memutuskan menjadi pesepakbola profesional, perjalan kariernya memang tak semulus Eden Hazard. Sama-sama direkrut Chelsea pada awal musim 2012/2013, Thorgan menempuh petualangan yang berbeda.

Saat Eden langsung jadi andalan, di Chelsea, Thorgan justru harus menerima nasib untuk dipinjamkan klub Belgia, Zulte Waregem untuk dua musim. Mirisnya, saat kembali Chelsea, Thorgan tidak juga mendapat kepercayaan pelatih.

Thorgan lantas dipinjamkan lagi oleh Chelsea di musim 2014/2015, kali ini ke Borussia Moenchengladbach. Di sinilah Thorgan mulai menemukan pijakannya, hingga dipermanenkan.

Thorgan pelan-pelan menanjak hingga ke musim kelimanya ini. Torehannya terus membaik: 5 gol dan 10 assist di musim pertama, 6 gol dan 6 assist di tahun berikutnya, disusul 11 gol dan 7 assist serta 11 gol dan 9 assist dalam dua musim terakhir.

Menariknya, proses kepindahan Thorgan ke Jerman, semua karena YouTube. Pelatih Gladbach saat itu, Lucien Favre, merekrut Thorgan hanya berbekal menonton aksi-aksinya di Youtube.

“Dia disodorkan ke saya ketika saya sedang liburan. Saya menyaksikan Youtube karena saya tak punya pilihan lagi,” kata Favre, yang kini melatih Borussia Dortmund.

“Berdasarkan yang saya lihat di internet, saya langsung bilang ‘Kita harus mengangkutnya karena tak ada risiko finansial, itu peminjaman’. Saya melihatnya sangat-sangat bagus, berdasarkan apa yang saya tonton. Itu cukup untuk saya mengetahui bahwa dia punya talenta besar,” sambung Favre kepada RTBF dilansir situs resmi Bundesliga.

Progres bersama Gladbach sudah memberikan Thorgan tiket ke Piala Dunia 2018, di mana tim nasional Belgia finis ketiga. Musim ini, adik dari Eden ini mengawali tahun dengan baik, Thorgan udah mencetak 6 gol dan 2 assist.

Bisa dikatakan, perjudian Favre itu terbilang berhasil. Berkat keberanian Favre, karier Thorgan perlahan membaik, dan bukan tidak mungkin bisa melewati prestasi Hazard senior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here