Petualangan Luis Enrique bersama timnas Spanyol, ternyata tidak berlangsung lama. Mantan pelatih Barcelona itu resmi mundur, dari jabatannya sebaga juru taktik Tim Matador.

Jika dihitung semenjak ditunjuk menjadi timnas pada Juli 2018 lalu, Enrique kurang lebih baru satu tahun melatih Spanyol. Selama memimpin timnas Spanyol, Enrique memiliki catatan lima kemenangan dan dua kekalahan.

Tanda-tanda jika Enrique akan mundur, sejatinya sudah cukup terasa, saat dirinya absen mendampingi tim sejak Maret lalu. Ia melewatkan tiga laga terakhir La Furia Roja di Kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Malta, Kepulauan Faroe, dan Swedia karena alasan pribadi.

Hari Rabu (19/6/2019), Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) mengumumkan bahwa Enrique mengundurkan diri.

“Luis Enrique sudah mengatakan dia tidak akan lanjut sebagai pelatih. Ini adalah keputusannya dan kami harus menghormatinya,” ujar Presiden RFEF Luis Rubiales dalam konferensi pers seperti dilansir ESPN FC.

“Kami berterima kasih kepada Luis Enrique. Kami banyak belajar darinya. Kami akan terus mendukungnya. Pintu federasi akan selalu terbuka untuknya.”

Lalu siapa yang akan menjadi pengganti Enrique? Tanpa harus menunggu lama, RFEF resmi memilih Roberto Moreno, sebagai pengganti Enrique. Moreno sendiri selama ini, menjadi asisten pelatih Enrique di timnas Spanyol.

Moreno yang sudah memimpin Spanyol dalam tiga pertandingan terakhir. Moreno merupakan asisten Enrique sejak di Barcelona B, AS Roma, dan Celta Vigo.

“Rasanya campur aduk. Saya sedih tapi juga meraskan tanggung jawab,” ujar Moreno.

“Ini adalah situasi yang spesial dan Luis Enrique ingin saya menerima peran ini. Saya yakin Spanyol akan lolos ke Piala Eropa 2020,” katanya