Kalah Menang Lawan Hong Kong, Indonesia Lolos 16 Besar Sepakbola Asian Games 2018

Apapun hasil laga kontra Hon Kong,Timnas Indonesia U-23, lolos 16 besar sepakbola Asian Games 2018. Kok bisa?

0
1904

Jika mengacu pada jadwal, Senin (20/08/2018) timnas Indonesia U-23, akan melakoni duel hidup mati melawan Hong Kong di Stadion Patriot Candrabhaga.

Kenapa menjadi duel hidup mati? Indonesia saat ini ada di posisi ketiga Grup A dengan enam poin dari tiga laga, selisih satu angka dari Hong Kong di posisi kedua dan dua poin dari Palestina di puncak.

Dengan skema tersebut, artinya timnas Indonesia U-23, harus memenangkan duel terakhir melawan Hong Kong, jika ingin lolos dari Grup A.

Tapi sepertinya dewi fortuna sedang berpihak ke timnas Indonesia U-23. Tim asuhan Luis Milla, berhasil lolos dari fase grup, tanpa harus memikirkan hasil laga terakhir melawan Hong Kong.

Kenapa begitu?

Kondisi tersebut tidak lepas dari hasil laga matchday ketiga Grup B, Minggu (19/8/2018) malam WIB. Adalah hasil laga antara Qatar kontra Bangladesh yang membantu Indonesia lolos ke 16 besar, setidaknya sebagai peringkat ketiga terbaik.

Dalam laga tersebut, Bangladesh menang 1-0 atas Qatar yang tersingkir sebagai juru kunci, sementara Uzbekistan menang 1-0 atas Thailand. Bangladesh lolos sebagai runner-up dengan empat poin, di bawah Uzbekistan yang jadi juara grup dengan poin sempurna.

Terkait dengan posisi ketiga terbaik. Nantinya hanya ada empat tim yang berhak lolos dari fase grup, melalui jalur posisi ketiga terbaik.

Dari daftar tim yang berpeluang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik, Indonesia dipastikan mendapatkan jatah lolos jika tetap berada di posisi ketiga grup.
Saat ini Indonesia sudah mengoleksi tiga poin (sudah dikurangi dengan hasil laga melawan Laos yang tak masuk hitungan). Pada urutan kedua terdapat Uni Emirat Arab (UEA) yang juga sudah meraih tiga poin tapi selisih gol masih kalah dari Indonesia.

Di urutan ketiga terdapat Pakistan yang juga sudah mengoleksi tiga poin. Hanya saja, selisih gol Pakistan yang sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di fase grup tak mungkin bisa menyamai Indonesia dan UEA.

Thailand yang ada di posisi keempat, masih was-was menunggu hasil pertandingan terakhir dari Kyrgyzstan, Myanmar, dan Korea Utara, yang baru akan bermain kembali, besok. Thailand saat ini baru meraih dua poin.

Kalaupun nantinya Kyrgyzstan, Myanmar, dan Korea Utara yang telah meraih satu poin berhasil meraih kemenangan di laga terakhir masing-masing, itu tak akan mempengaruhi kelolosan Indonesia dari jalur peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, jika Indonesia benar lolos melalui jalur ini, besar kemungkinan skuat asuhan Luis Milla Aspas itu bakal bertemu Tiongkok atau UEA di babak 16 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here