Musim ini, catatan apik ditorehkan penyerang lincah asal Argentina tersebut. Bersama Barcelona Messi menjadi kampiun La Liga.

Namun, saat Barcelona gagal melaju ke semifinal Liga Champions, serta rekor tak terkalahkan kandas di pertandingan terakhir. Kans Messi memenangkan Ballon d’Or untuk keenam kalinya bisa sirna.

Ternyata bukan cuma itu, ada 5 faktor lain yang bisa menggagalkan Messi memenangkan Ballon d’Or 2018.

Dominasi Ronaldo-Messi Tampaknya akan Berakhir

Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepakbola Eropa selama satu dekade. Dalam 10 tahun terakhir, mereka memenangkan penghargaan masing-masing 5 kali. Sejak saat itu, Ronaldo dan Messi keduanya silih berganti menjadi pemain terbaik di planet ini.

Namun, kompetisi musim ini begitu ketat. Pemain seperti Lewandowski memiliki musim yang fantastis bersama Bayern Munchen. Memenangi Bundesliga dan bisa berlaga hingga semifinal merupakan prestasi tersendiri.

Mohamed Salah

Mo Salah telah mendatangkan malapetaka di Eropa dan pengaruhnya lebih besar daripada Messi. Pemain asal Mesir itu telah  memecahkan rekor Liga Premier dengan mencetak gol terbanyak dalam satu musim. Perolehan tersebut berhasil mengalahkan rekor Cristiano Ronaldo, Luis Suarez, dan Alan Shearer.

Pemain PFA terbaik tahun ini telah membantu Liverpool melaju ke final Liga Champions, dimana mereka akan menghadapi Real Madrid. Salah dinilai akan menjadi pemain yang patut untuk diperhitungkan di dunia selain Messi dan Ronaldo.

Menderita di Liga Champions

Sebenarnya Barcelona diprediksi akan melaju ke babak semifinal, setelah mereka memenangkan leg pertama di Camp Nou 4-1. Tetapi mereka kalah 3-0  saat bertandang ke Roma dan memastikan mereka tidak bisa melaju ke semifinal.

Dengan dua lawan utamanya, Mo Salah dan Cristiano Ronaldo akan bertarung secara habis-habisan di final Liga Champions demi mendapatkan dua gelar sekaligus. Peluang Messi memenangkan gelar menjadi semakin tipis.

Susah bagi Argentina Memenangkan Piala Dunia

Argentina bukan tim favorit untuk menjuarai Piala Dunia. Baru-baru ini mereka dihancurkan oleh Spanyol dengan skor 6-1. Messi memang tidak bermain. Tapi, ini justru menunjukkan bahwa Messi jadi sosok penting di Tim Tango.

Piala Dunia 2018 akan dihuni oleh tim-tim berkualitas baik, seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Belgia. dan Brasil. Tim-tim tersebut masih dinilai baik dari segi kedalaman skuad, ketimbang Argentina yang hanya bergantung pada satu pemain saja.

Kebangkitan Cristiano Ronaldo

Di awal musim Ronaldo lagi dalam kondisi terpuruk serta mendapatkan banyak kritik. Namun, di paruh kedua musim ini Ronaldo mampu membalikkan keadaan. Secara mengejutkan ia mencetak 25 gol dan 5 assist dari 26 pertandingan di La Liga. Di Liga Champions, Ronaldo telah mencetak 15 gol dan memberikan 3 assist dalam pertandingan.

Jika Ronaldo mampu memenangkan Liga Champions, itu pasti akan membuatnya menjadi pemain favorit untuk memenangkan Ballon d’Or.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here