Barcelona Tidak Mau Fokus ke Liga Champions, Kenapa?

Barcelona belum lagi merasakan gelar Liga Champions. Meski begitu Barcelona enggan fokus ke Liga Champions.

0
553

Melihat pencapaian Madrid di kompetisi Eropa dalam tiga tahun belakangan ini, tentu membuat gerah para rival-rivalnya. Bayangkan saja, Real Madrid sukses mencetak sejarah 3 kali berturut-turut juara Liga Champions.

Hal itu, tentu menjadi pencapaian yang akan sulit disamai klub lain, tidak terkecuali rival abadi Real Madrid, yakni Bercelona. Di sisi lain, jika Madrid berjaya di Eropa, Barcelona justru mendominasi La Liga.

Barca adalah juara La Liga musim lalu yang merupakan titel ketujuh di kompetisi tersebut dalam 10 tahun terakhir. Sisanya dibagi ke Real Madrid (dua) dan Atletico Madrid (satu). Hal ini menunjukkan dominasi Barcelona di kompetisi domestik.

Tapi, dominasi itu tak bisa Barcelona teruskan di kompetisi Eropa. Setelah berjaya di era Pep Guardiola dengan raihan dua trofi, Barca cuma bisa sekali maju ke final dalam tujuh musim terakhir, yakni saat juara di 2014/2015.

Nah, terlepas status Blaugrana sebagai juara bertahan La Liga, ditambah fakta jika Real Madrid begitu mendominasi Eropa, Liga Champions boleh jadi prioritas utama Barcelona musim ini. Dengan skuat yang relatif tak berubah banyak dan justru kedatangan beberapa pemain baru, Barca bisa jadi favorit kuat di kompetisi itu.

Namun palatih Barcelona, Ernesto Valverde tak sepakat, jika ada anggapan musim ini Barcelona akan lebih mementingkan liga Champions dibanding La Liga. Kenapa?

Valverde ternyata tak menjadikan Liga Champions sebagai buruan utama. Sebab Barca akan tampil sepenuh hati pada setiap kompetisi yang mereka ikuti.
“Kami memprioritaskan semua kompetisi, kami selalu berusaha merebut Liga Champions,” ujar Valverde seperti dikutip FourFourTwo.

“Barca selalu seperti itu, kami sangat antusias tapi cara kami untuk bisa jadi juara Liga Champions sama saja seperti menjadi juara liga. Anda harus fokus untuk tampil lebih baik di setiap musimnya, dan jika bisa seperti itu, Anda pun makin dekat dengan trofi Liga Champions,” sambungnya.