Kalah Dari Malaysia, Rekor Timnas Indonesia Sirna, Sekaligus Jadi Juru Kunci

0
45

Timnas Indonesia harus menelan pahit di laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Pada laga come back di penyisihan Piala Dunia, pasca lepas dari sangsi FIFA, Indonesia harus kalah dari Malaysia.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, timnas Indonesia menelan kekalahan 2-3 dari Harimau Malaya. Dua kali unggul, tim asuhan Simon McMenemy harus mengakui Malaysia bermain lebih baik.

Pada babak pertama, Indonesia unggul 2-1. Sepasang gol dari Alberto Goncalves dibalas sekali oleh Mohamadou Sumareh.

Memasuki babak kedua, Malaysia yang bermain di bawah tekanan pendukung Indonesia, justru bisa membalikkan keadaan.

Malaysia bisa menambah dua gol di babak kedua. Dua gol kemenangan Malaysia dicetak Syafiq Ahmad dan Sumareh.

Kekalahan atas Malaysia tersebut, membuat rekor timnas Indonesia, yang 15 tahun tidak pernah tunduk di kandang dari Harimau Malaya sirna.

Berdasarkan catatan, terakhir Indonesia kalah di kandang oleh Malaysia pada tahun 2004. Momen itu terjadi di Piala Tiger 2004, saat itu tim Merah-Putih kalah 1-2 pada leg 1 semifinal. 

Keunggulan cepat Indonesia via gol Kurniawan pada menit keenam, dibalas oleh Malaysia via Liew Kit Kong. Indonesia akhirnya sukses ke final setelah menang atas 4-1 Malaysia di Kuala Lumpur.

Setelah kekalahan kandang pada 2004, Indonesia tak pernah kalah saat menjamu Malaysia. Indonesia memetik empat kemenangan dan sekali menuai hasil imbang.

Dengan kekalahan Indonesia ini, head to head Indonesia dengan Malaysia seperti dilansir oleh RSSSF, seimbang dalam 72 pertandingan. Indonesia dan Malaysia berbagi kemenangan 26 kali, 20 sisanya selesai imbang.

Selain terhentinya rekor yang sudah bertahan 15 tahun, kekalahan atas Malaysia membuat skuat Garuda langsung menjadi juru kunci Grup G dengan nol poin. Adapun Malaysia memuncaki grup dengan tiga poin.

Di posisi dua dan tiga ada Vietnam dan Thailand, yang berbagi poin tanpa gol di Thammasat Stadium, Pathum Thani. Keduanya sama-sama mendapat satu poin. Adapun UEA berada di peringkat empat dengan nol poin lantaran belum bertanding.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Thailand di SUGBK, Selasa (10/9). Indonesia butuh kemenangan guna mengamankan posisinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here