Dari sisi prestasi, musim ini tidak berjalan mulus bagi Real Madrid. Walau memiliki skuat yang tidak buruk pasca ditinggal Cristiano Ronaldo, ternyata Real Madrid gagal berprestasi musim ini.

Di Eropa Madrid kehilangan gelar Liga Champions, sedangkan pada kompetisi domestik Sergio Ramos Vs, hanya berada diposisi ketiga LaLiga.

Dengan semua pencapaian itu, prestasi Real Madrid memang terbilang buruk, namun bukan berarti raksasa Spanyol ini kehilangan nilai jualnya

Sebuah laporan tahunan dirilis Brand Finance, konsultan penilaian merek independen asal Inggris. Dalam laporannya, ia menempatkan Madrid sebagai klub dengan merek paling bernilai di dunia.

Real Madrid mengalahkan Manchester United, yang sebelumnya berada di posisi pertama, klub paling bernilai di dunia.

Dalam laporannya, Real Madrid menjadi brand dengan nilai tertinggi yakni 1.646 miliar euro atau sekitar Rp 26.6 triliun. MU di posisi dua dengan 1.472 miliar euro atau Rp 23.7 triliun. Madrid kembali ke puncak daftar ini setelah terakhir mencapainya pada 2010.

Dalam penjelasannya, Brand Finance menyebut Madrid mengalami kenaikan nilai sebesar 26.9% dari tahun lalu yang hanya berada di posisi dua dengan nilai 1.297 miliar euro. 

Sementara MU yang musim lalu berada di peringkat pertama, turun ke posisi dua dengan penurunan nilai sebesar 5,8 persen dari sebelumnya mencapai 1.564 miliar euro.

Kenaikan nilai Madrid didasari dari keberhasilan menjuarai Liga champions sebanyak empat kali dalam lima musim terakhir, yang menyebabkan pendapatannya meningkat drastis.

Selain itu, Madrid juga menempati posisi pertama dalam brand sepakbola terkuat, dengan skor Brand Strength Index (BSI) mencapai 95,5 dari 100, unggul dari rival berat mereka Barcelona (BSI 95,4). Venue performance kandang Madrid, Santiago Bernabeu, juga mendapat skor tertinggi dengan 74,3 dari 100, mengalahkan Signal Iduna Park (Borussia Dortmund) dan Allianz-Arena (Bayern Munich).

“Real Madrid menunjukkan tahun ini yang sangat berkuasa di dunia sepakbola. Mereka menang tidak hanya sebagai merek yang paling berharga dan terkuat, tetapi nilai perusahaan dan stadion mereka juga berada di peringkat kedua. Klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Eropa akhirnya menuai manfaat dari kinerja spektakuler di dalam dan di luar lapangan dalam kurun waktu 10 tahun,” ujar Bryn Anderson, direktur Brand Finance

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here