Valencia dan Batman, keduanya berada di dimensi yang berbeda. Valencia di dunia sepakbola, sedangkan Batman merupakan superhero karya DC Comics.

Namun ada satu hal yang sama dari Valencia dan Batman. Yup, sama-sama menggunakan logo kelalawar sebagai identitas.

Nah, karena kelalawar juga akhirnya Valencia kini berseteru dengan Batman. DC Comics sebagai pemilik karakter Batman, saat ini berseteru dengan Valencia, berebut lambang kelalawar.

Semua berawal dari logo anyar Valencia dalam menyambut 100 tahun berdirinya, klub asal Spanyol itu. Valencia memunculkan kelelawar hitam yang terletak di tengah-tengah lambang klub.

Tapi untuk peringatan seabad klub, El Che lantas mewarnai kelelawarnya itu dengan warna emas mengilap. Hal inilah yang menimbulkan permasalahan dengan DC Comics.

Produsen komik asal Amerika Serikat tersebut menggugat Valencia yang dianggap menyontek lambang Batman. Gugatan pun sudah dilayangkan ke pengadilan setempat di Valencia.

Gugatan DC Comics, ternyata dianggapi santai oleh Valencia. Bahkan Valencia dengan enteng membalas bahwa sebelum DC berdiri, mereka sudah menggunakan kelelawar sebagai identitas klub.

“Ketika kami sudah bermain dengan lambang kelelawar ini, orang-orang di Amerika Serikat sana masih mengejar kerbau,” demikian pernyataan resmi Valencia.

Jika merujuk pada sejarah, respon Valencia cukup beralasan, pasalnya klub ini sudah berdiri sejak 1919, atau sekitar 20 tahun sebelum kelahiran DC pada 1939.

Meski demikian, DC tidak akan berhenti untuk menggugat Valencia. Sebagai informasi, DC dan Valencia juga sempat berseteru pada 2014 terkait penggunaan lambang kelelawar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here