Facebook Siarkan Liga Spanyol Gratis, Indonesia Kebagian?

Manjakan pengguna, Facebook hadirkan tayangan langsung Liga Spanyol gratis tanpa iklan.

0
936

Sebagai sebuah jejaring sosial, Facebook sudah semakin sulit dipisahkan dari aktivitas para penggunanya. Bagi para penggunanya, rasanya akan hampa jika sehari saja tidak mengakses jejaring sosial terpopuler di seluruh dunia itu.

Demi memanjakan penggunanya, Facebook pun terus menambahkan berbagai menu baru, termasuk bagi para pencinta olah raga. Nah bagi pengguna Facebook yang senang menonton siaran langsung sepakbola, khususnya Liga Spanyol ada kabar baik.

Facebook, secara resmi menjadi pemegang hak siar tayangan Liga Spanyol mulai musim 2018/2019 mendatang. Nantinya, seluruh 380 laga yang dipertandingkan bakal disiarkan oleh jejaring sosial tersebut.

Yang paling menarik, seperti dilansir Reuters, Facebook tidak akan memungut biaya kepada para penggunannya untuk menonton program ini. Lebih bagusnya lagi, setiap pertandingan yang ditayangkan juga bebas iklan.

Apakah tayangan langsung Liga Spanyol di Facebook berlaku di seluruh negara, termasuk Indonesia?

Sayangnya, walau Indonesia termasuk menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Siaran langsung Liga Spanyol, tidak bisa dinikmati pengguna Facebook di Indonesia.

Dari laporan Reuters, India, Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Maladewa, Sri Lanka, dan Pakistan menjadi negara yang beruntung, bisa menonton Liga Spanyol secara gratis melalui Facebook.

“Salah satu tujuan kami selama dua tahun terakhir adalah menawarkan konten seluas mungkin, jadi bekerja sama dengan platform gratis seperti Facebook yang memiliki 270 juta pengguna di India adalah kunci bagi kami,” ujar Alfredo Bermejo, Head of Digital Strategy La Liga.

Sempat berpikiran untuk menyiapkan VPN? Hal tersebut ternyata sudah diantisipasi oleh media sosial besutan Mark Zuckerberg. Sistem pengawasan yang dimiliki oleh Facebook diklaim dapat mencegah kebocoran sehingga memastikan hanya orang-orang di dalam negara-negara tersebut yang bisa menonton.

Meski tidak disebutkan berapa nilai kesepakatan ini, namun jejaring sosial tersebut akan menayangkan seluruh pertandingan La Liga dalam tiga musim ke depan. Sebagai bayangan, Sony, pemegang hak siar sebelumnya di kawasan tersebut, dilaporkan membayar USD 32 juta untuk menayangkan Liga Spanyol dari 2014 hingga 2018.

Sebelumnya, jejaring sosial tersebut juga sudah mendapatkan hak siar Premier League selama tiga musim mulai tahun depan. Facebook akan menampilkan pertandingan-pertandingan tersebut di Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos.