Keinginan seluruh pencinta bola di Indonesia untuk melihat, tim Garuda juara piala AFF untuk kali pertama, sepertinya sulit terwujud di tahun ini. Hal ini tidak lepas dari kegagalan timnas Indonesia mencuri poin, saat bentrok dengan Thailand.

Indonesia harus menerima kenyataan pahit setelah takluk 2-4 di markas Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). Sempat unggul lebih dulu, Indonesia kemudian justru tumbang.

Dalam laga tersebut, skuat Garuda membuka keunggulan lebih dahulu lewat tendangan jarak jauh Zulfiandi pada menit ke-29. Namun gawang Awan Setho kemudian diberondong empat gol oleh Thailand melalui Korakod Wiriyadomsiri di menit ke-38, Pansa Hemvibbon (45+3′), Adisak Kraisorn (65′), dan Pokklawa Anan (74′). Indonesia kemudian hanya mampu menambah satu gol lagi melalui sundulan Fachrudin Aryanto satu menit jelang laga berakhir.

Kekalahan Indonesia dari Thailand di laga grup B Piala AFF 2018 membuat posisi tim Garuda di kini berada di ujung tanduk. So, masih adakah peluang bagi timnas untuk lolos dari fase grup?

Jawaban tetap atau walau tipis. Secara hitung-hitungan Indonesia masih berpeluang lolos. Hanya saja kelolosan itu, bertumpu pada hasil pertandingan tim lain di Grup B.

Tim Merah Putih kini berada di peringkat keempat Grup B dengan poin tiga dari tiga pertandingan serta memiliki selisih gol minus satu. Posisi Indonesia di bawah Thailand (6 poin), Filipina (6 poin), dan Singapura (3 poin). Tapi ketiga negara tersebut baru memainkan dua laga di Grup B.

Kondisi ini membuat Indonesia wajib menang di laga terakhir grup kala berhadapan dengan Filipina pada Minggu (25/11) dengan selisih jumlah gol yang besar. Namun kemenangan atas The Azkals tersebut juga belum sepenuhnya menjamin Indonesia melaju ke semifinal.

Dengan poin maksimal enam yang bisa diraih Indonesia, Hansamu Yama dkk masih harus bergantung pada hasil negara lain. Indonesia kini berharap agar tiga tim di atas mereka yaitu Thailand, Filipina dan Singapura kalah di dua laga sisa mereka.

Namun harapan Indonesia untuk lolos ke semifinal bisa saja pupus lebih cepat jika Thailand dan Filipina bermain imbang saat kedua negara bertemu di Stadion Paanad, Rabu (21/11). Hasil imbang tersebut akan membuat Thailand dan Filipina akan mengumpulkan poin tujuh, jumlah yang tak mungkin lagi dikejar oleh Indonesia dan juga Singapura.

Jika melihat kebelakang, situasi yang nyaris sama dialami timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Kala itu, di dua laga awal Indonesia hanya memiliki poin satu, hasil dari kalah lawan Thailand dan seri saat bersua Filipina.

Saat itu, jika ingin lolos Indonesia harus menang saat bentrok dengan Singapura, sambil berharap Thailand mengalahkan Filipina.

Skenario di atas tercipta, Indonesia akhirnya lolos. Dalam prosesnya di Piala AFF 2016, Indonesia justru bisa sampai ke final.

Sayang di partai puncak, mimpi Indonesia juara AFF kembali pupus di tangan Thailand. Indonesia kalah agregrat 3-2 atas Thailand di partai final.

Apakah Indonesia kali ini bisa lolos dari lobang jarum, seperti tahun 2016? Tidak ada yang tidak mungkin.