Walaupun hanya bergulir empat tahun sekali, setiap kampanye  Piala Dunia pasti memiliki alur cerita yang menarik serta kontroversi. Baru-baru ini, pelatih Spanyol Julen Lopetegui dipecat dari kursi kepelatihannya, sehari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Lopetegui dianggap pengkhianat karena menerima tawaran Real Madrid.

Kali ini, Gocekan.com akan menyuguhkan 5 kontroversi terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Brasil tanpa Ronaldo di final 1998

Pada Piala Dunia 1998, Brasil tampil mendominasi disetiap pertandingan dan mereka tampil melawan tuan rumah Prancis di final. Menjelang bentrokan antar dua kubu, daftar starting line-up Brasil terlihat aneh karena tidak memasukkan nama Ronaldo.

Usut punya usut ternyata Ronaldo mengalami kejang pada malam sebelum final digelar, dan namanya terpaksa dicoret dari daftar starting  line-up. Ketika skuad timnas Brasil pergi ke Stade de France menjalani laga final, justru Ronaldo pergi ke Klinik Lilas di Paris.

40 menit sebelum pertandingan digelar, Ronaldo muncul di Stade de France setelah dinyatakan fit untuk bermain. Alhasil, Ronaldo tidak bermain seperti biasa sepanjang 90 menit pertanding dan Brasil kemudian menelan kekalahan 0-3.

Zidane seruduk Materazzi di final 2006

Di final Piala Dunia 2006, Zidane menyerang Materazzi menggunakan kepalanya Kejadian tersebut terjadi pada saat perpanjang waktu, karena skor masih 1-1. Diawali saat kedua pemain saling cekcok,  tak lama setelah itu Zidane seruduk dada Materazzi.

Atas insiden tersebut, Zidane dihadiahi kartu merah dan Prancis kalah adu penalty 3-5.  Beberapa tahun lalu, Materezzi akui bahwa ia telah melecehkan adik perempuan Zizou dan itu sebagai penyebab serudukan yang dilakukan Zidane kepada dirinya.

Lopetegui dipecat

Presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Luis Rubiales dikabarkan marah, setelah Lopetegui diketahui akan menjabat sebagai pelatih baru Real Madrid musim depan. Sehari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, Federasi Sepakbola Spanyol langsung memecat mantan pelatih Porto tersebut.

Tidak lama setelah pengumuman Lopetegui dipecat, Fernando Hierro langsung diangkat sebagai pelatih anyar tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2018. Pengangkatan itu, dua hari menjelang pertandingan pertama grup B melawan Portugal.

Gol tangan Tuhan Maradona

Saat itu Argentina lagi bertanding melawan Inggris babak lanjutan perempat final Piala Dunia 1986.  Pada menit ke 51 lahirlah sebuah mukjizat. Gelandang Inggris, Steve Hodge berniat menyelamatkan bola dengan menendangnya ke arak kotak penalti.

Maradona dan kiper Inggris, Peter Shilton saling beradu merebut bola di udara. Saat Shilton meninju bola, Maradona ikut melompat dan secara cepat menyundul bola. Walaupun golnya terlihat alami, tangan Maradona pun sebenarnya ikut memukul bola tersebut.

Andres Escobar ditembak

Pemain bertahan Kolombia, Andres Escobar ditemukan tewas di sebuah bar di kota Medelin, setelah ditembak sebanyak enam kali. Pembunuhan tersebut dilatarbelakangi oleh gol bunuh diri yang dilakukan Escobar ketika menghadapi Amerika Serikat. Saat itu Escobar gagal mengantisipasi operan terobosan.

Ini merupakan salah satu peristiwa terburuk yang pernah terjadi di salah satu turname olahraga terbaik di dunia.