Kantor berita Jerman Deutsche Presse-Agentur (DPA), melaporkan bahwa Theo Zwanziger, Wolfgang Niersbach dan Horst R. Schmidt telah didakwa oleh jaksa Frankfurt atas kasus penggelapan pajak berdasarkan hasil penyelidikan yang sudah lama dilakukan.

Mereka dituduh memalsukan pajak atas nama federasi sepak bola Jerman (DFB) pada Piala Dunia 2006. DFB telah membayar kembali pajak sebesar 19,2 juta euro. Ketiganya menyangkal tuduhan, yang pertama kali dilaporkan oleh media olahraga paling populer Jerman, Bild.

Tuduhan itu juga sedang diselidiki oleh jaksa federal Swiss dan komite etika FIFA. Mereka telah mengusut asosiasi sepakbola bola Jerman tersebut.

Saat Piala Dunia 2006 diadakan, Franz Beckenbauer yang memimpin komite penyelenggara turnamen. Setahun setelah Piala Dunia 2006, Beckenbauer, Zwanziger dan Niersbach diangkat menjadi komite eksekutif FIFA pada tahun 2007 hingga 2016.

Jaksa federal Swiss mengatakan, pada tahun 2016 mereka telah memproses kasus pidana terhadap empat pejabat Jerman ditahun sebelumnya, atas kecurigaan penipuan, pencucian uang dan penyelewengan. Kasus tersebut diproses secara terpisah oleh penyelidik Swiss dengan dugaan korupsi terkait pemungutan suara penyelenggara Piala Dunia.

Atas kasus tersebut, Niersbach kehilangan tempat duduknya di komite yang paling berkuasa di FIFA selama satu tahun, karena dianggap gagal mengungkap siapa kemungkinan yang melakukan tindakan tidak etis tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here