Tindakan Rasis Bikin Mesut Ozil Mundur dari Timnas, Presiden Turki Angkat Bicara!!

Tindakan rasis, membuat Mesut Ozil pensiun dari tim Jerman. Keputusan Ozil tersebut, mendapat respon dari presiden Turki.

0
707
mesut ozil

Keputusan Mesut Ozil pensiun dari timnas Jerman, menghadirkan drama yang tidak menyenangkan. Pekan lalu, Ozil dengan lantang mengumumkan bahwa ia tidak akan lagi bermain untuk timnas Jerman, karena mendapat perlakuan rasis usai ia bertatap muka dengan Erdogan dua bulan lalu.

Pernyataan Ozil itu tentu mengejutkan banyak pihak, pasalnya di era modern ini, Jerman menjadi salah satu negara yang toleran terhadap kaum imigram. Bahkan, di timnas Jerman sendiri, saat ini banyak dihuni pemain keturunan.

Jika dirunut, kisruh Ozil di timnas Jerman, berawal dari berfoto sang pemain bersama Recep Tayyip Erdogan pada Mei, satu bulan menjelang pemilihan presiden dan parlemen Turki serta Piala Dunia 2018.

Selain Ozil, pertemuan yang diadakan di London tersebut juga mendatangkan Ilkay Gundogan yang bermain untuk Manchester City, serta Cenk Tosun penyerang Everton kelahiran Jerman yang bermain untuk timnas Turki.

Setelah peristiwa itu, Ozil mendapat kritik keras dari berbagai pihak, termasuk dalam tubuh federasi sepak bola Jerman. Kritik semakin menjadi, pasca Ozil dinilai tampil buruk selama di Piala Dunia 2018 lalu, dimana imbasnya Jerman tersingkir di fase grup sebagai juru kunci.

Terkait dengan situasi yang dialami Ozil, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, akhirnya angkat bicara. Erdogan, mengatakan ia telah berbicara melalui sambungan telepon dengan Ozil. Dalam keterangannya, ia menegaskan dukungannya terhadap keputusan Ozil untuk mundur dari tim nasional negaranya.

“Tadi malam saya berbicara dengan Ozil. Sikapnya dalam pernyataan itu benar-benar patriotik, benar-benar perilaku terpuji,” kata Erdogan, seperti dikutip oleh kantor berita pemerintah Turki, Anadolu dan diansir Deutsche Welle

“Aku mencium matanya,” kata Erdogan, menggunakan istilah Turki untuk orang yang dicintai atau teman. “Sikap rasis, islamofobia semacam ini terhadap seorang pemuda yang memberi begitu banyak keberhasilan bagi tim nasionalnya tidak bisa diterima,” kata dia.

Sementara itu, terkait tuduhan rasis, federasi sepak bola Jerman, DFB dalam sebuah pernyataan, menampik semua tuduhan yang menyebut mereka telah berbuat “rasis” terhadap Ozil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here