Gegara Kokain Kapten Peru Absen di Piala Dunia

0
712

Serikat pemain FIFPro telah menulis surat kepada FIFA untuk memberi kesempatan kepada kapten Peru Paolo Guerrero bermain di Piala Dunia 2018.

Sebelumnya penyerang Flamengo tersebut, diberi larangan untuk bermain di Piala Dunia karena terbukti menggunakan kokain metabolit benzoylecgonine, setelah pertandingan antara Peru dan Argentina dalam kualifikasi Piala Dunia pada Oktober 2017.

Pengadilan Arbitrase Olahraga kemudian menguatkan banding dari Badan Anti-Doping Dunia untuk memperpanjang penangguhan Guerrero menjadi 14 bulan.

FIFPro mengutuk larangan bermain untuk Guerrero sebagai tidak proporsional dan pihaknya menunggu sebuah terobosan dalam waktu 24-28 jam.

FIFPro telah menghubungi FIFA dengan upaya agar larangan Guerrero dibatalkan, sehingga ia dapat pergi ke Piala Dunia bersama Peru.

Penyerang berusia 34 tahun tersebut, awalnya dilarang bermain selama 12 bulan, tetapi dikurangi menjadi enam bulan oleh FIFA. Hukuman enam bulan tersebut  memungkinkan dia untuk bisa tampil bersama Peru di Rusia.

FIFPro berpendapat sepakbola per;u mempertimbangkan  aturan baru mengenai doping, karena larangan yang diberikan kepada kapten Peru tersebut  menentang akal sehat.

Baru-baru ini, pengadilan mengatakan bahwa Guerrero tidak bermaksud untuk meminum teh yang sudah terkontaminasi oleh kokain tersebut dan minuman tersebut juga tidak meningkatkan kinerjanya dilapangan.