10 Pemain Terbaik dalam Sejarah El Clasico

0
852

Sejak abad ke-20, sosial dan politik membuat kedua raksasa Spanyol ini saling membenci. Rivalitas abadi membuatnya tak pernah mati suri. Ya, El Clasico, membuat FC Barcelona dan Real Madrid beradu gengsi. Untuk saling berebut supremasi di tanah Spanyol. 

El Clasico  selalu mempertemukan pemain-pemain terbaik dari  seluruh dunia dalam satu pertandingan. Atmosfernya yang memanas menambah aroma persaingan semakin mencuat. Pemain besar pun selalu menjadi sorotan di setiap laganya. Berikut 10 pemain terbaik dalam sejarah El Clasico.

1. Lionel Messi (FC Barcelona)

Messi merayakan gol sesudah menjebol gawang Real Madrid

Messi merupakan pemain jenius, yang telah mencetak 25 gol dalam 37 pertandingan El Clasico. Messi ialah salah satu pemain besar yang telah menjadi bagian dalam pertandingan rivalitas ini.

Diperkirakan, Messi akan mencetak 30 gol El Clasico sebelum ia memutuskan untuk pensiun. Apabila jumlah gol tersebut dapat terpenuhi, maka akan menjadi sebuah prestasi dengan pencapaian terbesar yang pernah ada.

2. Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Ekspresi kekecewaan Cristiano Ronaldo dalam laga El Clasico

Ronaldo memiliki waktu dan sekali lagi membuktikan dirinya. Ronaldo telah berhasil mencetak 1 gol dalam pertandingan El Clasico kemaren dan dengan jumlah 18 gol tersebut membuat ia setara dengan jumlah gol Di Stefano.

Pada awal musim, Ronaldo mencetak gol menakjubkan di Piala Super Spanyol dan selanjutnya  Pemain Portugal ini akan selalu menjadi ancaman terbesar bagi Barcelona di lini belakang.

Ronaldo juga memiliki rekor mencetak gol dalam enam pertandingan El Clasico secara berturut-turut antara 2011 dan 2013.

3. Alfred Di Stefano (Real Madrid)

Alfred Di Stefano saat berkostum Los Blancos

Alfredo Di Stefano merupakan legenda sepanjang masa Real Madrid yang telah memenangkan delapan gelar liga dan lima Piala Eropa dalam satu dekade di klub.

Di Stefano telah mencetak 18 gol  dalam pertandingan El Clasico yang menjadikannya pencetak rekor gol terbanyak sebelum Lionel Messi mengalahkan rekornya pada tahun 2014.

Meski demikian, ia merupakan pemain paling berpengaruh dalam sejarah klub saat menghadapi rival-rivalnya.

4. Raul Gonzales (Real Madrid)

Raul memberikan salam kepada Puyol saat Guard of Honour

Salah satu striker terbaik sepanjang masa Real Madrid dan Spanyol. Selama 15 bertahun bermain di La Liga. Raul telah mencetak 15 dalam pertandingan El Clasico dan menjadikannya sebagai pencetak gol ketika Real Madrid dalam pertandingan klasik itu.

Raul adalah pemain yang selalu bermain di partai-partai besar dan selalu mencetak gol disaat-saat penting, baik itu pemenang atau penyeimbang.

Menjadi kapten tim, Raul memimpin timnya dari sektor depan, dan membuatnya selalu menjadi figur sangat penting bagi Real Madrid saat melawan The Catalans.

5. Xavi Hernandez ( FC Barcelona)

Xavi melakukan selebrasi sesudah melesatkan gol ke gawang Real Madrid

Pemain lini tengah jenius ini, telah membuat 42 penampilan El Clasico bersama Barcelona. Dia telah mencetak lima gol melawan Real Madrid.

Kemampuaannya dalam menentukan tempo permainan dan menjadi pengaruh disetiap tim bertanding, membuatnya spesial dari rekan-rekan setimnya.

Xavi selalu memberikan permainan terbaiknya disaat melawan Real Madrid dan menjadikannya salah satu pemain terbaik dalam sejarah El Clasico.

6. Ronaldinho (FC Barcelona)

Saat Ronaldinho memegang badge Barcelona

Merupakan Pemain Barcelona kedua yang mendapatkan sambutan meriah di Bernabue tahun 2005 setelah Diego Maradona. Pada saat itu, para petinggi Madrid memuji kejeniusan Ronaldinho saat menghancurkan Real Madrid dalam kemenangan 3-0 untuk Barcelona.

Ronaldinho telah mencetak empat gol berturut melawan Real Madrid, antara 2004 dan 2006 dan membuatnya menjadi salah satu penyerang paling berpengaruh dalam pertandingan El Clasico.

7. Manuel Sanchis ( Real Madrid)

Manchis saat masih berkostum Real Madrid

Sanchis telah menghabiskan 18 tahun di Real Madrid dan dianggap salah satu bek terbesar dalam sejarah klub. Sanchis membuat 43 penampilan di El Clasico, lebih banyak daripada pemain lain hingga saat ini.

Dia bagian penting dari “Quinta del Buitre” – merupakan lima pemain Real Madrid yang mendominasi Spanyol pada 1980-an.

Dikatakan bahwa Sanchis dan rekan-rekannya dari “Quinta del Buitre” memahami pentingnya memenangkan pertandingan melawan Barcelona.

8. Carles Puyol (Barcelona)

Carles Puyol ketika menjadi kapten tim Catalunya

Puyol merupakan  bek tengah Spanyol dengan keterampilan dalam memimpin Barcelona saat berhadapan dengan rival mereka.

Puyol telah membuat 30 penampilan di El Clasico dan selalu berkontribusi baik dalam setiap permainan.

Di dalam banyak kesempatan, terlihat bahwa Puyol selalu berada di garis terdepan pertahanan Barcelona, ketika timnya akan menerima hal buruk

9. Andres Iniesta (Barcelona)

Iniesta saat berkostum Barcelona

Iniesta telah menjadi pemain regular dan salah satu pemain Barcelona paling berpengaruh di El.Clasico selama dekade terakhir.

Dia adalah satu satu dari sedikit pemain yang dihormati saat mengenakan jersey Barcelona di Bernabue.

Dengan 38 penampilan di pertandingan El Clasico, membuatnya menjadi salah satu veteran yang telah mencetak gol penting dipertandingan  melawan Real Madrid selama bertahun-tahun.

10. Luis Figo (Real Madrid)

Ekspresi kekecewaan Luis Figo

Di akhir 90-an, Figo membuat langkah yang kontrovelsial melalui kepindahannya ke Real Madrid dengan harga  £37 juta. Kepindahannya tersebut menjadikannya orang paling dibenci di Catalunya.

Ketika Figo kembali ke Camp Nou dengan Los Blancos, para fans Barcelona melemparkan kepala babi ke arahnya, sehingga mengobarkan persaingan bertahun-tahun diantara kedua tim.

Dalam pertandingan El Clasico, Figo telah mencetak tiga gol untuk Barcelona dan satu goal untuk Real Madrid.

Sampai sekarang, sejarah kepindahannya ke Real Madrid akan selalui diingat oleh publik Catalunya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here