Sejarah tercipta di NBA musim 2018/2019. Liga bola basket paling bergengsi di dunia itu, resmi memiliki juara baru. Yup, Toronto Raptors memastikan diri sebagai juara NBA 2018/2019. Raptors mengalahkan Golden State Warriors 114-110 di game 6 final untuk mengunci gelar juara.

Melewati seri final yang ketat, Raptors akhirnya mengunci gelar pada game keenam di kandang Warriors, Oracle Arena, Jumat (14/6/2019) pagi WIB. Raptors unggul 4-2 pada seri final ini.

Tanda-tanda Raptors akan menjuarai NBA musim ini sejatinya, sudah mulai terlihat pada partai final game kelima. Kalau itu, Raptors nyaris mengunci gelar lebih awal, seandainya Warriors tidak berhasil memenangi duel secara heroik di game kelima. Sayang, aksi heroik Stephen Curry dkk, gagal membendung Raptors untuk menjadi juara NBA untuk kali pertama.

Pada laga ini, Kawhi Leonard tak setajam biasanya dan hanya mencetak 22 poin. Namun, ada tiga pemain lain yang mampu menembus 20 poin lebih. Mereka adalah pascal Siakam (26 poin dan 10 rebounds), Kyle Lowry (26 poin dan 10 assists), dan tenaga dari bench lewat Fred VanVleet (22 poin).

Di sisi lain, Warriors sangat mengandalkan Klay Thompson yang tajam di tiga kuarter pertama dan menjadi pencatat poin tertinggi tim dengan 30 poin. Tapi di akhir kuarter ketiga, ia salah jatuh, mengalami cedera lutut, dan tak bisa melanjutkan laga.

Jalannya final game keenam sendiri terbilang membuat jantung pendukung kedua tim berdetak kencang. Game keenam final NBA tahun ini, berlangsung ketat dari awal hingga akhir. Warriors maupun Raptors sama-sama tampil agresif.

Babak keempat seakan menjadi puncak pada final NBA 2019. Kejar mengejar poin benar-benar terjadi kuarter keempat. Raptors harus berterima kasih kepada Fred VanVleet. Ia membuat dua tembakan tiga angka krusial di awal kuarter keempat.

Satu menit terakhir semakin panas. Raptors sempat unggul 109-105, namun Warriors kemudian memangkas selisih jadi satu poin lewat tembakan bebas dan layup DeMarcus Cousins.

Tembakan sempurna dari Siakam membawa Raptors unggul 111-108. Namun ia kemudian melalukan foul kepada Curry. Dua tembakan sempurna dicetak Curry untuk membawa Warriors mendekat 110-111. Warriors kemudian dipastikan menjadi tim yang memegang bola pada momen terakhir laga. Tapi tembakan tiga angka Curry tidak masuk.

Warriors membuat technical foul jelang akhir laga, dan Leonard menutupnya dengan tiga tembakan bebas yang mulus. Raptors menang 114-110.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here