Yuk Kenalan dengan Long Lap Penalty (LLP), Aturan Baru di Ajang MotoGP

0
406

Jika tidak ada kendala, Balapan MotoGP 2019 secara resmi akan dimulai dalam sepekan. Seri pertama yakni MotoGP Qatar akan digelar pada 10 Maret mendatang.

Seperti ungkapan “musim baru aturan aturan baru”. Hal ini lah yang bakal dijumpai di gelaran MotoGP musim 2019.

Yup, di ajang MotoGP musim ini, akan ada sebuah sanksi baru, yakni Long Lap Penalty (LLP). Seperti apakah sanksi baru ini?

LLP akan diterapkan, untuk menghukum pelanggaran batas lintasan atau pelanggaran lain yang dinilai layak untuk sanksi ini oleh steward.

Bahasa mudahnya, LLP adalah hukuman di mana para pebalap yang dikenai mesti melaju di sebuah jalur tersendiri, biasanya berada di bagian run-off (luar) tikungan yang beraspal. Tiap sirkuit nantinya akan diberi tanda area sanksi LLP ini.

Dengan harus melalui jalur khusus ini, maka pebalap yang dikenai hukuman akan kehilangan waktu beberapa detik. Hukuman ini dinilai lebih adil ketimbang memberikan penalti turun satu posisi.

Dalam hukuman turun posisi, rider bisa saja diuntungkan dengan jarak yang dekat dengan pebalap di belakangnya. Simpelnya, hukuman ini tak adil dan merata untuk semua pebalap sebab bergantung dengan jarak orang di belakangnya.

Seperti dilansir Crash, Race Director MotoGP Mike Webb menilai LLP lebih mudah, aman, dan bisa dimonitor, Secara umum, hukuman ini diperkirakan akan membuat penerimanya kehilangan 3-4 detik.

Hukuman ini sendiri tak menghilangkan penalti posisi dan waktu. LLP sebelumnya telah diujicobakan di tes pramusim Qatar.