Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menuturkan bahwa kehadiran Phil Foden di skuad Manchester City adalah sebuah berkah. Meski demikian, ia tak menginginkan bila Foden dibandingkan dengan Andres Iniesta. Menurutnya, julukan sebagai The Next Iniesta akan membebani diri sang pemain.

Di laga Piala Liga Inggris melawan Oxford pada Rabu (26/9), Foden begitu cemerlang. Ia mampu mem
beri kontribusi atas gol dari Gabriel Jesus dan Riyad Mahrez. Pun ia mampu mencetak gol perdana untuk The Citizens.

“Saya tak ingin menyamakan Phil dengan Iniesta. Hal tersebut akan memberikan beban dan tekanan yang cukup berat kepadanya. Iniesta adalah pemain paling berbakat yang pernah saya latih dan saya tak ingin menyamakannya dengan Phil saat ini,” kata Guardiola dikutip dari BT Sport.

“Saya yakin ia masih ingin terus bertahan di sini setidaknya hingga 10 tahun ke depan. Karena, dia memang tak ingin pergi dari sini. Saya juga yakin pihak klub ingin mempertahankannya. Saat ini, ia harus mulai mendapatkan menit bermain yang lebih banyak,” sambungnya.

Guardiola mengakui skil Foden memang baik. Ia pun menggaransi posisi Foden di skuatnya untuk di masa depan. “Dia memiliki kemampuan mumpuni untuk menjadi pemain kunci di City untuk beberapa tahun ke depan.”

Masalahnya, saat ini, lini tengah milik Guardiola masih dihuni oleh David Silva, Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne. Foden pun harus bekerja ekstra untuk mendapatkan tempatnya.