Satu lagi pesepakbola keturunan Indonesia, yang berhasil memulai karier profesional di luar negeri. Kali ini kabar tersebut datang dari seorang bocah berumur 16 tahun, Joseph Simatupang Ferguson.

Dilansir Fox Sports, Josep Simatupang Ferguson baru saja menandatangani kontrak bersama tim u-18 Blackburn Rovers. Kabar bahagia itu diumumkan di akun Instagram-nya

“Hari yang membanggakan buat saya dan keluarga saya untuk menandatangani beasiswa untuk Blackburn Rovers. Mudah-mudahan hal-hal baik akan datang ke depannya,” tulis Joseph di akun josephferguson1_.

Laporan yang sama menyebutkan, Joseph Simatupang Ferguson masih bisa menentukan status kewarganegaraannya. Ia bisa memilih membela Timnas Inggris atau Indonesia ke depannya.

Joseph Simatupang Ferguson diketahui sudah sejak usia 11 tahun menimba ilmu di akademi Blackburn Rovers. Dengan kontraknya bersama tim U-18, pemuda berdarah Batak itu selangkah lebih dekat menuju tim utama.

Blackburn sendiri sempat menjadi salah satu tim yang disegani di liga Inggris. Dalam sejarahnya Blackburn sudah memiliki tiga gelar juara divisi teratas (Divisi Satu/Premier League).

Sayang Sejak musim 2012/2013, Rovers terpental ke Divisi Championship. Musim ini, Blackburn Rovers mampu bertahan di Divisi Championship dengan berada di peringkat 15