Sederet Teknologi Canggih ini, Ramaikan Piala Dunia 2018

Demi menghindari kontroversi, Piala Dunia 2018 banyak di bantu teknologi. Apa saja teknologi canggih di Piala Dunia kali ini?

0
353

Teknologi dan sepak bola memang dua hal yang bertolak belakang. Karenanya banyak yang menentang, kehadiran teknologi dalam sebuah pertandingan teknologi dalam pertandingan sepak bola. Apalagi jika teknologi tersebut, bisa menjadi penentu hasil akhir sebuah pertanding.

Namun pada akhirnya seiring perkembangan zaman, sepak bola modern kini mulai menerima kehadiran teknologi. Piala Dunia 2018, menjadi bukti nyata teknologi sudah di terima dalam dunia sepak bola.

Teknologi yang diaplikasikan pun menyentuh banyak aspek, mulai perlengkapan wasit, gawang, hingga bola pertandingan. Hal tersebut, selain membantu wasit dalam mengambil keputusan, juga semakin menyemarakkan gelaran sepak bola empat tahunan tersebut.

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini beberapa teknologi canggih yang menggiring, setiap pertandinga di Piala Dunia 2018.

  1. VAR

Video Asisstant Referee (VAR) merupakan sistem yang meliputi 13 orang pembantu wasit sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Dari belasan orang tersebut, dipilih seorang petugas yang menjadi pengambil keputusan utama dan tiga orang asisten sebagai pembantunya untuk tiap-tiap pertandingan.

Tujuan dari VAR sendiri adalah untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan terkait empat kejadian di lapangan, yaitu gol, penalti, pemberian kartu merah langsung, serta memastikan pemain yang dijatuhi hukuman sudah benar. Para penonton yang menyaksikan lewat televisi pun dapat menyaksikan proses pengambilan keputusan lewat VAR saat wasit melihat layar di lapangan.

  1. GLT

Jika VAR tidak cukup, di Piala Dunia kali ini juga terdapat Goal-line Technology atau kerap disingkat menjadi GLT, yang memanfaatkan sistem Hawk-Eye. Sistem tersebut menggunakan kamera canggih yang dibekali sensor untuk mendeteksi bola dan pergerakan pemain per milimeter untuk memastikan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Fungsi teknologi ini adalah untuk membantu wasit dalam menentukan apakah terjadi sebuah gol atau tidak. Syarat utama terjadinya gol adalah bola sudah melewati garis gawang secara seutuhnya, bukan hanya sekadar mayoritas bagiannya saja.

GoalControl menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam menghadirkan GLT ke Piala Dunia 2018. Perusahaan asal Jerman tersebut mengunakan 14 kamera berkecepatan tinggi sehingga terdapat tujuh kamera yang diarahkan ke masing-masing gawang.

Untuk menerima pesan tersebut, sang pengadil dibekali smartwatch khusus yang memberikan notifikasi berisi keputusan dari sistem, baik itu menunjukkan gol atau tidak. Smartwatch itu sendiri menjalankan Android Wear OS dan diproduksi oleh Hublot, dengan harga setara USD 5.200, atau sekitar Rp 73,5 juta.

  1. Telstar 18

Sepintas Telstar 18 hanya merupakan bola resmi yang digunakan sepanjang Piala Dunia 2018. Namun bola tersebut ternyata dibekali teknologi yang begitu canggih. Namanya diambil dari sebuah rangkaian satelit komunikasi bernama identik. Satelit pertama dari rangkaian tersebut yang menyentuh orbit bernama Telstar 1.

Telstar 18 dilengkapi desain panel dengan pola piksel yang memiliki daya tahan lebih lama. Selain itu, bentuk panel yang menyerupai bentuk kipas juga dihadirkan untuk membantu bola melayang lebih stabil saat berada di udara.

Telstar 18 pun memiliki chip NFC di dalamnya. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya dapat mengakses sejumlah informasi mengenai Piala Dunia 2018, dan kemungkinan pada kompetisi lain yang menggunakan bola tersebut. Para fan cukup memindainya dengan smartphone untuk merasakan pengalaman tersebut.

Satu yang patut diingat, para pengguna perangkat berbasis iOS harus mengunduh aplikasi tambahan karena Apple memang tidak memberikan fitur NFC. Berbeda dengan perangkat berbasis Android yang langsung bisa menikmati pengalaman tersebut tanpa aplikasi dari pihak ketiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here