Terdapat beberapa pemain yang menukar  kewarganegaraan mereka, bahkan lebih dari sekali. Akibatnya, pesepakbola ini telah mencapai prestasi langka dengan mewakili lebih dari satu negara.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat 5 pemain yang memiliki keberanian  bermain untuk lebih dari satu negara.

Thiago Motta

Thiago Motta lahir dari orangtua kewarganegaraan Italia di Sao Bernardo de Campo, Brasil. Ia telah tampil untuk tim nasional Brasil di usia muda dan memenangan gelar internasional di Piala Emas CONCACAF 2003. Namun, pemain berusia 35 tahun itu, tidak memiliki keinginan untuk bermain bersama tim Samba senior dan beralih ke tim Azzuri pada tahun 2011.

Motta telah mewakili Italia di Euro 2012, Piala Dunia 2014 dan Euro 2016. Dia juga  telah mengoleksi 30 penampilan bersama Italia dan berhasil mencetak 1 gol.

Michel Platini

Michel Platini merupakan seorang legenda Prancis. Ia telah mengoleksi 72 penampilan untuk tim nasional Prancis dari 1976 hingga 1987, serta telah mengumpulkan 41 gol untuk pasukan Les Blues.

Mantan pemain Juventus itu sebenarnya telah mengumumkan pensiun dari sepakbola pada 27 November 1988.  Namun, kerajaan Kuwait meminta Platini untuk kembali dari pensiun untuk mewakili Kuwait dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Uni Soviet.

Diego Costa

Diego Costa lahir di Brasil pada Oktober 1988. Ia hanya dipanggil sekali ke tim nasional Brasil ketika bermain untuk pertandingan persahabatan sebelum Piala Dunia 2014. Costa tampil hanya dalam dua pertandingan melawan Italia dan Rusia. Merasa tidak dibutuhkan, Costa menukar tim nasionalnya untuk Spanyol.

Ia telah mewakili tim nasional Spanyol untuk pertama kalinya pada Februari 2014. Sejak itu, Costa telah tampil dalam 18 pertandingan bersama Spanyol dengan mencetak 7 gol.

Luis Monti

Luis Monti lahir pada tahun 1901 di Buenos Aires, Argentina. Ia pertama kali tampil untuk tim nasional Argentina pada tahun 1924. Ia berhasil membawa Argentina sampai ke final Piala Dunia 1930, tetapi kalah dengan tuan rumah Uruguay. Monti telah mengoleksi 16 penampilan untuk Argentina, dengan 5 gol.

Tahun 1931, Monti menandatangani kontrak dengan klub Italia Juventus pada tahun 1931, sekaligus menjadi cikal bakal ia bergabung dengan tim nasional Italia.

Monti dipanggil ke timnas Italia pada tahun 1931. Di tahun 1934 Monti berhasil memenangkan Piala Dunia bersama pasukan Azzuri, sekaligus membuatnya menjadi satu-satunya pesepakbola  yang bermain di final Piala Dunia sebanyak dua kali dengan negara yang berbeda.

Alfredo Di Stefano

Alfredo di Stefano lahir pada bulan Juli 1926 di Buenos Aires, Argentina. Di Stefano secara mengejutkan bukan bermain untuk dua tim nasional tetapi tiga. Ia telah, bermain untuk Argentina, Kolombia dan Spanyol.

Meskipun bermain untuk tiga tim nasional, Di Stefano tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bermain di Piala Dunia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here