Setelah 24 tahun absen, keinginan Indonesia untuk bisa kembali menggelar balap MotoGP, akhirnya terwujud. Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021.

Kesepakatan kontrak tersebut berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan MotoGP hingga 2023. Kepastian itu dikonfirmasi oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer.

Lalu dimana MotoGP seri Indonesia digelar?

Bukan sirkuit Sentul atau Jakabaring, Palembang, MotoGP seri Indonesia akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nantinya aksi balap MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Yang menarik dari balap MotoGP seri Indonesia salah satunya adalah, terwujudnya mimpi petinggi MotoGP menggelar balap jalan raya terwujud di Sirkuit Mandalika

Yup, beberapa waktu lalu, CEO Dorna Sports SL Carmelo Ezpeleta mengungkapkan telah menerima proposal untuk menggelar balapan di ‘kota yang hangat’. Balapan akan bersifat urban race atau balapan di tengah kota.

Mungkin saja ada sirkuit perkotaan di MotoGP. Ada proyek yang solid di kota yang hangat,” kata Ezepeleta kepada Expansion yang dilansir Autosport.

Kini, ucapan Ezpeleta akan terwujud di Indonesia. Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tengah disiapkan untuk menggelar balapan MotoGP.

Dari data yang ada, nantinya Sirkuit Mandalika akan punya panjang trek 4,32 km dan 18 tikungan itu bisa digunakan untuk harian dan balapan MotoGP.

Sirkuit akan dibangun mulai Oktober mendatang, dan diprediksi rampung pada 2020, sebelum dipakai untuk menggeber motor balap para rider top dunia.