Apes, Milan Kena Financial Fair Play dan Absen di Liga Eropa

0
472
MIlan

AC Milan kena Financial Fair Play dan secara resmi dilarang untuk ikut dalam kompetisi Liga Europa pada 2019-20. Keputusan ini dikeluarkan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Penyebabnya, Milansetelah melanggar aturan Financial Fair Play.

Sebelumnya, AC Milan memang sudah mengajukan pengunduran diri dari Liga Europa. Seolah mengamini, kedua belah pihak pun sepakat (Milan dan CAS) untuk mengundurkan diri dari keikutsertaan di Liga Europa di musim depan.

Bukan tanpa alasan, pengunduran diri Milan dikarenakan neraca keuangan yang dimiliki masih minus. Milan pun harus menyesuaikan kondisi keuangannya yang morat-marit. Hal ini disambut baik oleh UEFA.

“Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) telah mengeluarkan Consent Award yang mewujudkan perjanjian yang dicapai antara AC Milan SpA dan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) tentang pelanggaran Peraturan Financial Fair Play oleh klub Italia,” demikian bunyi pernyataan resmi Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Dengan mundurnya Milan, posisinya digantikan oleh Torino yang pada musim 2018-19 mengakhiri Liga Italia di peringkat ketujuh. Sedangkan AS Roma secara otomatis akan langsung lolos ke babak penyisihan grup, karena memiliki peringkat keenam.

Kasus Financial Fair Play Milan merupakan buntut belanja pemain yang jor-joran namun tak disertai hasil yang optimal.