Manchester City Menanti Piala Liga Champions, Guardiola : “Harap Bersabar”

0
406

Manchester City sempat dipandang sebelah mata, oleh para pesaingnya di Liga Inggris. Namun seiring masuknya investor, Manchester City saat ini bukan lagi klub Semenjana yang dianggap remeh.

Sederet prestasi terutama di level domestik sudah diraih Manchester City, pasca The Citizens mendapat investor baru. Bahkan di musim lalu, City bisa meraih semua piala kompetisi lokal di tanah Inggris.

Dengan sederet piala yang sudah diraih, wajar rasanya City membidik piala di level Eropa. Pasal City belum sekalipun memenangi Liga Champions sepanjang 125 tahun berdiri.

Jangankan juara, jawara Liga Inggris itu bahkan belum mampu mencapai partai puncak sejak investor Abu Dhabi United Group membeli klub pada 2008.

Semifinal menjadi hasil terbaik yang dipetik City, yakni pada musim 2015/2016. Sementara dalam dua musim terakhir, tim besutan Pep Guardiola itu mentok di perempatfinal.

Padahal City sudah punya komposisi pemain yang mumpuni dengan adanya Kevin de Bruyne, Raheem Sterling, Sergio Aguero, Rodri, hingga Ederson Moraes.

Manager City, Pep Guardiola sadar betul jika kini dirinya sangat dituntut untuk berprestasi bersama Manchester Biru di kancah Eropa. Namun dirinya juga sadar itu butuh proses.

Dilaporkan Sky Sports, Guardiola tahu Liga Champions menuntut lebih banyak dari sekadar skuat oke bahkan pengalaman.

“Terkadang butuh beberapa tahun, terkadang lebih lama lagi. Barcelona menunggu sampai 1992 untuk memenangi trofi yang pertama dan mereka sudah tampil di kompetisi ini bertahun-tahun,” kata Guardiola.

“Di sini, tak terlalu sering. Anda tak memenangi kompetisi dalam waktu yang singkat. Dan Anda tak bisa memenangkannya tanpa penggemar, kami harus menggoda mereka,” tambahnya.

Barcelona memenangi gelar Liga Champions pertamanya di musim 1991/1992. Blaugrana lalu kembali juara di empat kesempatan berikutnya: 2005/2006, 2008/2009, 2010/2011, dan 2014/2015

Guardiola sendiri bukannya pelatih minim pengalaman di kasta tertinggi kompetisi atas klub Eropa. Guardiola sudah dua kali juara Liga Champions bersama Barca sebagai pelatih.