Siapa Bilang Roberto Firmino Tak Banyak Berkontribusi Kepada Liverpool, ini Buktinya

0
855

Sepintas peran Roberto Firmino di Liverpool, nampak kalah mentereng dibanding kontribusi Mohamed Salah, Sadio Mane, Virgil van Dijk, atau Alisson Becker.

Yup, Mohamed Salah, Sadio Mane, Virgil van Dijk, serta Alisson Becker, memang dinilai banyak pihak sebagai pemain kunci yang membuat Liverpool menguasai Eropa musim lalu, serta tampil apik di awal Liga Inggris tahun ini.

Anggapan tersebut sah-sah saja, namun bagi bek Liverpool, Andy Robertson, Roberto Firmino tak kalah penting, dibanding keempat rekannya yang sering dipuji sebagai tokoh utama di Liverpool.

Dilansir Sportsmole, Andy Robertson tidak memungkiri, jika dari statisik Firmino masih kalah tajam dari Salah dan Mane.

Dari statistik Opta, musim lalu Mane dan Salah masing-masing mencetak 22 gol di Liga Inggris, membuat mereka sulit luput dari sorotan. Sementara Firmino ‘cuma’ bikin 12 gol.

Akan tetapi Robertson menilai, jika dilihat secara tim, Firmino memiliki peran yang begitu penting bagi kesuksesan liverpool.

Robertson menganalisis, sebagai ujung tombak, Firmino adalah pemain pertama yang menekan lawan saat tim tak menguasai bola.

Ia juga menjadi penjemput bola dan penyambung permainan dari belakang ke depan. Secara praktis, Firmino melakukan nyaris semua tugas pemain di lapangan, dari bertahan hingga mengkreasi peluang

“Dengan etos kerjanya, tekniknya, gol-gol, dan permainan serba bisanya, saya rasa tidak ada yang lainnya yang seperti dia. Orang-orang akan bilang bahwa ada penyerang-penyerang yang lebih baik, tapi buat saya, apa yang dia lakukan itu sangat penting untuk tim,” ungkap
Robertson.

“Kami akan tersesat tanpa dia. Dia adalah pemain kelas dunia. Dia melakukan segalanya dan itulah keindahan Bobby. Dia bisa melakukan semuanya. Dia adalah garis pertahanan pertama kami dan saya belum melihat ada yang lebih baik darinya dalam hal itu.”

“Dia menekan para bek dan tak memberikan mereka jeda semenit pun. Dia mundur dan menjemput bola di lini tengah untuk kami. Dia sangat penting secara pertahanan, lalu dia merangsek ke depan dan mencetak gol-gol dan assist. Itulah yang kami butuhkan darinya,” imbuhnya

Sebagai info tambahan, Firmino gabung Liverpool pada musim 2015/2016 silam. Ia sejauh ini sudah mencatatkan 198 penampilan di seluruh kompetisi, dengan catatan 68 gol dan 50 assist.