Sejatinya 5 September nanti, bakal menjadi pertandingan perdana bagi Otavio Dutra, membela timnas senior di laga resmi. Sayang, keinginan Otavio Dutra membela timnas senior Indonesia gagal terwujud.

Dilansir situs resmi PSSI, Induk sepakbola tertinggi di Indonesia terpaksa memulangkan Otavio Dutra dari Timnas ke klub asal, Persebaya Surabaya. Sebab, proses naturalisasi pemain Brasil itu belum selesai.

Keputusan tersebut disampaikan PSSI melalui surat bernomor 3296/AGB/668/VIII-2019 yang dikirimkan pada 28 Agustus 2019 dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

“Berdasarkan rencana awal, proses administrasi alih kewarganegaraan Otavio Dutra harus diselesaikan sesegera mungkin agar dapat bermain bagi timnas Indonesia. Namun perkembangan terbaru hingga hari ini administrasi yang diharapkan tak kunjung terselesaikan. Oleh karenanya, berdasarkan komunikasi internal, PSSI memutuskan untuk mengembalikan Otavio Dutra ke Persebaya Surabaya,” pernyataan PSSI.

Perlu diketahui, Dutra memang menjadi salah satu pemain yang masuk dalam seleksi Timnas menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi, dia belum juga mengantongi paspor dan KTP Indonesia hingga hari ini (30/8/2019). 

“PSSI mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh Persebaya Surabaya untuk kepentingan timnas Indonesia.. Kami berharap semoga ke depenanya bisa memanggil kembali Otavio Dutra untuk memperkuat timnas Indonesia,” surat PSSI menyebutkan.

Selain Dutra, PSSI juga memanggil dua pemain Persebaya; Hansamu Yama dan Irfan Jaya. Menyusul, kapten Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi, untuk menggantikan bek Arema FC, Johan Alfarizi, yang mengalami cedera

Timnas Indonesia sendiri, saat ini ditunggu laga-laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, melawan Malaysia pada 5 September di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Lima hari kemudian, Skuat Garuda menjamu Thailand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here