Ducati mengawali MotoGP musim 2019 dengan manis. Pada MotoGP seri perdana yang digelar di sirkuit Losail, Qatar, pabrikan asal Italia itu, berhasil menjadi yang tercepat.

Sayang kemenangan Ducati di MotoGP Qatar, dipermasalahkan oleh para kompetitornya. Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia kompak melakukan mengajukan protes.

Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia menilai, Motor Desmosedici yang mengantar Andrea Dovizioso finis pertama di Sirkuit Losail dianggap terdapat komponen aerodinamis tambahannya, yang berada di bawah swing arm.

Namun protes itu ditolak, dan keempat tim kini akan membawa kasusnya ke Pengadilan Banding MotoGP.

Di sisi lain, Ducati kekeuh komponennya, yang dituding membantu masalah aerodinamis dan memberi gaya downforce pada motor, tetap sah dipasang.

Bahkan walau sedang ada proses banding, Manajer umum Ducati, Gigi Dall’Igna, memastikan akan tetap menggunakan komponen tambahan, pada MotoGP seri Argentina 31 Maret mendatang.

“Mengapa saya harus menunggu klarifikasi? Apakah saingan saya harus memberi tahu saya apa yang harus atau tidak harus saya gunakan?” kata Dall’Igna dalam wawancaranya bersama GPOne.

“Itu omong kosong, saya benar-benar yakin solusi kami sah karena itu menghormati peraturan dan juga Direktur Teknis dari FIM memberi lampu hijau untuk penggunaannya” ia menambahkan.

Sidang banding komponen aerodinamis Ducati yang dipermasalahkan, rencananya akan digelar sebelum MotoGP Argentina digeber di Sirkuit Termas de Rio Hondo, akhir bulan mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here