Liga Champions mulai memasuki laga-laga krusial. Liverpool menjadi salah satu tim, yang mencoba terus bertahan di kompetisi tertinggi antar klub Eropa tersebut.

Berbicara Liga Champions, pelatih Liverpool, Juergen Klopp menilai kompetisi tersebut, lebih dari sekedar adu gengsi untuk menjadi yang terkuat di benua biru.

Selain gengsi, Klopp menilai Liga Champions begitu penting untuk kelangsungan sebuah klub. Hal tersebut lantaran ada uang besar yang diperebutkan di sana.

“Kami semua mesti secara konstan lolos ke Liga Champions, itulah yang memberi kami uang untuk meningkatkan kualitas. Ketika kami lolos fase grup dengan mengalahkan Napoli, saya tak yakin berapa banyak yang kami dapatkan, tapi banyak untuk satu laga,” ungkap Klopp dikutip BBC.

“Ini adalah…apa ya? Ini adalah kompetisi yang menghambur-hamburkan uang dan kami harus berada di dalamnya selama mungkin, karena kami mesti meningkatkan situasi klub.”

“Saya tak sedetik pun berpikir sebelum laga lawan Napoli ‘Oh Tuhan, kami mesti meraih uang ini untuk klub.’ Kami cuma ingin lolos kala itu. Setelah lolos, rasanya seperti ‘Wow, ini sih sepadan.”

“Kami mesti meraup sebagian besar uang untuk kami, dengan sepakbola yang kami mainkan. Itulah yang bisa Anda lakukan di Liga Champions,” tambahnya.

Sebagai gambaran, merujuk data totalsportek, Liverpool musim lalu finis sebagai runner-up di Liga Champions, mendapat dana segar sekitar 83,3 juta euro atau sekitar Rp 1,34 triliun dengan kurs saat ini.

Dengan uang hadiah musim lalu pula, Liverpool mendapatkan suntikan besar dalam perekrutan pemain. Mereka menghabiskan sekitar 160 juta pound sterling di musim panas lalu untuk membeli pemain, alias nyaris Rp 3 triliun.

Dengan alasan ini juga, saran untuk melepaskan Liga Champions begitu saja tak bisa diterima. Liverpool sebelumnya disarankan Gary Neville untuk melepaskan kompetisi ini demi fokus ke Premier League.

Sebagai info, Musim ini tiap-tiap tim di fase grup Liga Champions mendapatkan sekitar 15,2 juta euro, dengan bonus kemenangan sebesar 2,7 juta euro dan 900 ribu euro untuk hasil imbang.

Lolos ke fase knock-out akan diganjar 9,5 juta euro, lalu semakin besar hingga final. Ada hadiah sebesar 10,5 juta euro untuk lolos perempatfinal, lalu 12 juta euro di semifinal, dan 15 juta euro untuk para finalis.

Juara Liga Champions akan mendapatkan tambahan bonus 4 juta euro, plus 3,5 juta euro sebagai hadiah tampil di Piala Super Eropa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here