Musim baru aturan baru, inilah yang akan terjadi di ajang balap Formula 1 tahun ini. Menyambut musim 2019, akan ada perubahan cukup besar dalam aturan main Formula 1.

Aturan tersebut terkait dengan poin tambahan. Nantinya diajang balap jet darat tersebut, pembalap dengan catatan lap tercepat bakal mendapatkan tambahan poin.

Sebagaimana dilansir, BBC aturan poin tambahan untuk pebalap F1 dengan catatan lap tercepat diumumkan pada Senin (11/3/2019).

Pemberian poin untuk pencatat lap tercepat akan mulai diberlakukan pada GP pembuka musim 2019 di Australia, 17 Maret mendatang.

Akan tetapi merujuk laporan yang sama, nantinya tak serta merta semua pencatat waktu tercepat mendapat poin.

Syaratnya, mereka yang mendapat poin juga harus berada di peringkat 10 besar. Mereka yang mencatat waktu lap tercepat dan finis di 10 besar, otomatis akan mendapat tambahan satu poin.

Dengan adanya aturan ini, maka akan ada 21 poin tambahan yang bisa diperebutkan seluruh pembalap. Sebab, F1 musim 2019 akan berlangsung dalam 21 seri.

Sementara itu, Direktur Manajer F1, Ross Brawn mengatakan, aturan ini dibuat agar F1 lebih menarik dan diharapkan bisa meningkatkan jumlah penonton. Selain itu, ia berharap ini bisa menjadi motivasi untuk para driver.

“Kami berusaha untuk membuat agar F1 lebih menarik dengan mempertahankan integritas dari olahraga”, ujar Brawn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here