Pasca hancur lebur di Piala AFF 2018, publik pun bertanya-tanya soal kelanjutan kiprah Bima Sakti, sebagai pelatih timnas senior Indonesia.

Kini tanda tanya soal pelatih kepala timnas Indonesia terjawab sudah. Melalui pernyataan resminya, PSSI resmi menunjuk Simon McMenemy, sebagai juru taktik timnas Indonesia.

Wakil Ketua PSSI Joko Driyono dalam keterangan resminya, mengungkapkan, jika pelatih asal Skotlandia itu, diikat PSSI dengan kontrak sampai 2020.

“Simon kontrak 2 tahun karena sampai kualifikasi Piala Asia dan Piala AFF 2020,” kata Joko.

Joko sekaligus menjelaskan proses pemilihan yang berlangsung dalam satu bulan terakhir. Dia menyebut McMenemy bukan calon tunggal karena ada beberapa nama yang juga dilirik PSSI.

“Tapi kira-kira yang ingin kami sharing ada tiga poin yang menjadi petunjuk bagaimana kami memutuskan. Petunjuk pertama adalah target timnas kita, kemudian resource menyangkut daya dukung pemain yang ada, pola kompetisi yang ada di kami, termasuk kemampuan finansial kita mendukung program,” sambungnya.

“Dari dua hal itu kami melihat mana yang paling tepat dan muncul lah beberapa pelatih menyangkut masalah klasifikasi track record. Kami godok beberapa nama dan akhirnya Simon McMenemy yang pas dengan target yang tadi disebutkan dengan catatan dan track record bersangkutan.”

Sebagai tambahan, Simon bukanlah sosok asing di dunia sepakbola Indonesia. Ia pernah melatih beberap klub seperti Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, dan terakhir Bhayangkara FC.