Jamal Khashoggi Terbunuh, Laga Juventus Vs AC Milan di Arab Saudi Terancam Gagal!!

Piala Super Italia 2018, antara Juventus vs AC Milan rencananya akan berlangsung di Arab Saudi. Laga tersebut kemungkinan pindah lokasi

0
1517

Arab Saudi sedang jadi sorotan dunia, bukan karena prestasi sepakbolanya, tapi lantaran sebuah kasus pembunuhan yang mengegerkan.

Adalah tewasnya kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi, yang membuat Arab Saudi menjadi sorotan. Khashoggi diduga tewas di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018 karena dibunuh.

Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman diduga terlibat kasus itu. Pasalnya, Khashoggi kerap mengkritik pemerintah Arab Saudi di bawah rezim sang putra mahkota.

Lalu apa hubungannya pembunuhan Khashoggi dengan sepakbola, khususnya Liga Italia Serie A?

Ternyata Arab Saudi telah meneken kerja sama dengan Liga Italia pada 6 Juni 2018. Kesepakatan itu membuat Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Super Italia selama tiga tahun ke depan.

Arab Saudi menjadi negara keenam yang akan menjadi tuan rumah Piala Super Italia. Selain di Italia, Piala Super Italia sebelumnya pernah digelar di Amerika Serikat, Libya, China, dan Qatar.

Pembunuhan Khashoggi, membuat laga Super Italia 2018 antara Juventus kontra AC Milan,  diminta untuk ditinjau ulang.

Laga Juventus vs Milan di Piala Super Italia 2018 sendiri, rencananya akan digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, 12-16 Januari 2019.

Dilansir Calciomercato, himbauan untuk memindahkan laga Piala Super Italia 2018, salah satunya dilontarkan mantan menteri olahraga Italia Luca. Dirinya meminta Italia bisa menjunjung tinggi HAM lewat olahraga.

“Berita mengerikan tentang kematian mengerikan wartawan Khashoggi membuat saya tercengang. Masyarakat sipil internasional harus membuat suaranya terdengar, di semua tingkatan,” kata Lotti di akun Facebook-nya.

“Saya percaya, bahwa bahkan dunia olahraga Italia tidak bisa dan tidak boleh menahan diri. Keputusan memainkan Piala Super Italia di Arab Saudi harus segera dibatalkan. Apa yang terjadi di konsulat Arab Saudi di Istanbul tidak bisa didiamkan begitu saja.”

“Sebagai anggota parlemen, sebagai mantan Menteri Olahraga dan sebagai warga negara Italia, saya mengajukan banding ke Lega Calcio untuk mempertimbangkan kembali keputusan memainkan pertandingan Juventus-Milan di Arab Saudi dan mengundang pemerintah untuk melakukan segala upaya untuk mencegah sepakbola Italia terlibat sesuatu yang menolak membela nilai-nilai dan hak asasi manusia, “tutupnya.