Lupakan Kekalahan, Begini Skenario Timnas Indonesia U-19, Lolos Dari Fase Grup Piala Asia 2018

Timnas Indonesia U-19 masih bisa lolos ke perempat final Piala Asia U-19 2018. Begini skenarionya.

0
620
Timnas U-19 Indonesia melawan Qatar

Timnas Indonesia U-19 bermain tak kenal lelah, saat bentrok dengan Qatar di laga lanjutan Piala Asia U-19 2018. Bertandingan di SUGBK, tim asuhan Indra Sjafri, ketinggalan 6-1 hingga awal babak kedua.

Akan tetapi Egi Maulana Vikri dkk, tidak mau kalah begitu saja. Secara heroik timnas U-19, nyaris menyamakan kedudukan. Secara beruntun Garuda Muda, mampu mencetak empat gol sekaligus.

Sayang aksi heroik timnas U-19, hanya mentok di gol kelima. Saat pluit panjang babak kedua dibunyikan, timnas muda harus mengakui keunggulan Qatar 5-6.

Kekalahan ini membuat Indonesia duduk di peringkat ketiga klasemen Grup A dengan tiga poin, sama dengan poin Qatar tapi Indonesia kalah head-to-head. Sedangkan Uni Emirat Arab memimpin klasemen dengan 6 poin, sedangkan Taiwan di posisi buncit dengan dua kekalahan.

Walau kalah, peluang timnas Indonesia melewati fase grup belum tertutup. Ada beberapa skenario yang bisa membuat Indonesia melaju ke perempatfinal, yang mana salah satunya lewat hasil imbang meski itu juga harus dibantu hasil laga Qatar vs Taiwan.

Dari hasil utak-atik, berikut beberapa skenario yang bisa terjadi, jika timnas Indonesia tidak ingin hanya menjadi penonton di Piala Asia U-19 2018.

Berikut skenarionya

1. Indonesia hanya perlu hasil imbang melawan UEA jika Qatar kalah dari Taiwan. Skenario ini akan membuat Indonesia mengumpulkan 4 poin dan lolos sebagai peringkat kedua di bawah UEA (7 Poin).

2. Andai Taiwan dan Qatar bermain imbang, Indonesia harus mengalahkan UEA. Jika skenario seperti ini kesampaian, Indonesia akan menjadi juara grup A dengan 6 poin, sama seperti UEA tapi menang head-to-head.

3. Skenario ketiga adalah yang paling mungkin terjadi dan bakal terjadi sistem penghitungan yang sedikit rumit. Andai Qatar menang melawan Taiwan, Indonesia harus menang melawan UEA. Jika ini terjadi, Indonesia, Qatar, dan UEA sama-sama mengumpulkan 6 poin.

Klasemen kecil antar ketiganya akan dibuat tanpa memperhitungkan Taiwan yang sudah gugur. Penghitungan akan terjadi lewat selisih gol antar mereka dan menghapus jumlah gol ketiga tim itu saat melawan Taiwan.

Dengan kondisi saat ini, UEA memimpin klasemen kecil itu dengan selisih gol 2-1 (+1), disusul Qatar 7-7 (0), dan Indonesia 5-6 (-1). Sebagai catatan Qatar sudah menghadapi UEA dan Indonesia.

Andai Indonesia menang dengan selisih satu gol saja melawan UEA, Indonesia akan lolos sebagai runner-up grup di bawah Qatar. Ketiganya sama-sama punya selisih gol 0, tapi UEA akan tersingkir karena cuma bikin dua gol sementara Indonesia punya enam gol dan Qatar menorehkan tujuh gol.

Jika ingin menjadi juara grup, Indonesia harus menang dengan minimal mencetak tiga gol atau lebih. Karena Indonesia akan punya total delapan gol mengungguli Qatar yang bikin tujuh gol dan finis runner-up.

Terlepas dari semua skenario yang ada. Kemenangan akan membuat peluang Indonesia, melaju ke perempat final akan jauh lebih besar.