Sejarah, Ada Dua Negara Puncaki Daftar Tim Terbaik FIFA

Sejarah tercipta, untuk kali pertama ada dua timnas yang berada di puncak daftar tim terbaik FIFA. Timnas negara mana saja?

0
460

Ada hal yang tidak biasa dalam daftar peringkat FIFA bulan ini. Di daftar peringkat FIFA bulan ini, ada 2 tim yang berada dipuncak. Kedua tim tersebut adalah Timnas Prancis dan Timnas Belgia.

Ini adalah sebuah catatan tersendiri, pasalnya selama ini hanya ada satu tim yang biasanya ada di puncak, dalam daftar timnas yang dikeluarkan oleh FIFA. Pertanyaannya saat ini, bagaimana kedua tim itu (Prancis dan Belgia) berada ada dipuncak klasemen.

Seperti dilansir Mirror, menyusul keberhasilannya menjuarai Piala Dunia 2018, Prancis ada di posisi teratas peringkat FIFA menggeser Jerman, pada Agustus lalu. Namun, setelah itu performa Les Bleus sedikit menurun.

Itu dibuktikan dengan hasil imbang tanpa gol pada laga persahabatan kontra Jerman sebelum menang tipis 2-1 atas Belanda di laga UEFA Nations League awal bulan ini. Hasil itu memang masih menempatkan Prancis di posisi teratas dengan 1.729 poin.

Dalam kurun waktu yang sama, poin milik Prancis bisa disamai oleh Belgia. Tim asuhan Roberto Martinez itu, bisa menyamai poin Prancis, lantaran Belgia berhasil menang 4-0 atas Skotlandia pada laga persahabatan dan 3-0 atas Islandia di UEFA Nations League

Pencapain Prancis dan Belgia tentu menjadi rekor. Pasalnya untuk pertama kalinya sejak ranking FIFA diperkenalkan pada Desember 1992, ada dua tim dengan poin sama memuncaki daftar tersebut.

Bagaimana dengan peringkat negara yang lain?

Dari daftar yang ada, selain perubahan di dua posisi teratas, pergeseran juga terjadi di urutan ke-9 dan ke-10, di mana Spanyol dan Denmark bertukar tempat. Dari posisi ketiga hingga kedelapan ada Brasil, Kroasia, Uruguay, Inggris, Portugal, dan Swiss.

Jerman naik tiga peringkat dari urutan ke-15 usai performa buruk di Piala Dunia 2018 ke posisi ke-12 saat ini. Lonjakan paling drastis terjadi ketika Ukraina naik enam peringkat ke urutan ke-29 usai mengalahkan Republik Ceko dan Slovakia di UEFA Nations League.

Lalu, di mana posisi Indonesia? Skuat Merah-Putih tetap bertahan di posisi ke-164 dengan 997 poin. Di antara tim Asian Tenggara, Indonesia di posisi kelima di bawah Vietnam, Filipina, Thailand, dan Myanmar.