Bukan Pelatih, ini Penyebab Wayne Rooney Hengkang dari Everton

Teka-teki perginya Wayne Rooney dari Everton terjawab. Rooney pergi bukan karena pelatih, tapi!!

0
971

Pada 9 Juli 2017 Wayne Rooney memutuskan angkat kaki dari Manchester United. Rooney kemudian memutuskan berlabuh ke Everton dengan durasi kontrak 2 tahun. Kala itu Rooney sempet diprediksi akan mengakhiri kariernya di Everton.

Anggapan tersebut tidak berlebih, karena memang Rooney punya ikatan emosional dengan Everton. The Toffees menjadi klub tempat awal Rooney merintis karier, sehingga menjadi salah satu pemain ternama di Liga Inggris.

Akan tetapi semua prediksi itu meleset jauh, sebelum kontraknya berakhir, Wayne Rooney secara mengejutkan meninggalkan Everton. Mantan penyerang timnas Inggris itu, meninggalkan Everton dan bergabung dengan DC United pada 28 Juni 2018.

“Jujur saya, tidak mudah meninggalkan Manchester United. Tapi saya tidak bermain di sana, itu menjadi alasan saya kembali ke Everton,” ucap Rooney, seperti diberitakan Four Four Two.

“Saya ingin membantu Everton memenangkan trofi pertama sejak 1995. Itu selalu menjadi mimpi saya. Namun sayangnya, itu tidak pernah terjadi. Saya sedikit kecewa dengan cara ini berakhir,” katanya melanjutkan.

Rooney meninggalkan Everton setelah mencetak 10 gol dari 31 pertandingan di Liga Inggris musim lalu. Kepergian mengejutkan Rooney tersebut sempat menimbulkan pertanyaan. Salah satunya ketidak cocokan Rooney dengan pelatih Everton saat itu, Sam Allardyce.

Akan tetapi semua anggapan tersebut dibantah penyerang bertubuh gempal ini. “Saya bertemu Sam Allardyce dan berkata: ‘Dengar, saya bukan anak kecil. Apa yang terjadi? Anda mau saya di sini atau tidak?,” cerita Rooney.

“Allardyce merupakan pria yang jujur, kemudian dia berkata: ‘Jika saya masih melatih musim depan, Anda (Rooney) tidak akan bermain lebih banyak, tapi saya ingin Anda bertahan’,” terangnya.

Setelah berbicara banyak dengan Sam Allardyce, Rooney menyadari bahwa pemilik Everton, Farhad Moshiri sudah tidak meginginkannya di Goodison Park. Gaji Rooney yang terlalu tinggi menjadi penyebab utamanya.

“Itu merupakan keputusan pemilik. Dia akan membawa banyak pemain baru dan saya mendapat gaji paling banyak di Everton. Jadi, pemilik ingin membebaskan kewajiban mereka membayar gaji saya,” ujarnya.

“Saya dibuat sadar ketika ada tawaran dari DC United. Saya membaca sebuah artikel di koran tentang itu (transfer Rooney ke DC United). Sejak saat itu saya berpikir: ‘Apa yang terjadi. Ok ini keputusan pemilik’,” kata Rooney menambahkan.

Rooney sendiri mengatakan, dirinya perlu waktu selama tiga bulan untuk menemukan jawaban mengenai masa depannya bersama Everton. “Saya mencoba dan terus mencoba, ada beberapa hal positif dan saya menemukan jawaban yang jujur dari pemilik. Semuanya butuh waktu tiga bulan,” tuntas pria berusia 32 tahun tersebut.