Hore, AC Milan Bisa Berkompetisi di Liga Eropa, Kok Bisa?

Banding AC Milan soal kasus Financial Fair Play diterima. Artinya musim depan penggemar AC MIlan, bisa kembali melihat klub kesayangannya berlaga di Liga Eropa.

0
769
MIlan

Kabar baik bagi fans AC Milan di seluruh dunia. Setelah sebelumnya pendukung harus kecewa, lantaran tim kesayangannya gagal berkompetisi di Eropa, kini mereka bisa bernafas lega.

AC Milan batal absen berkompetisi di Eropa musim depan, pasalnya banding Rossoneri terhadap hukuman UEFA dikabulkan Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS). Itu artinya, AC Milan bisa merasakan ketatnya persaingan di kompetisi Liga Eropa musim depan.

Sebagaimana dilansir Football Italia, setelah dilakukan sidang, CAS mengabulkan banding mereka dan membatalkan hukuman UEFA. CAS meminta UEFA untuk mengeluarkan hukuman yang lebih proporsional, sementara juga menolak permintaan Milan untuk memaksa UEFA melakukan perjanjian penyelesaian kasus.

Dalam sidangnya, CAS mempertimbangkan pengambilalihan kepemilikan klub oleh Elliot Management sebagai faktor kunci. Pengambilalihan ini, menjadi tanda bahwa situasi keuangan AC Milan sekarang lebih terjamin, ketimbang saat masih dimiliki oleh Li Yonghong.

“Panel CAS menolak permintaan AC Milan untuk meminta UEFA melakukan perjanjian penyelesaian sengketa, tapi mengakui bahwa keputusan dewan pengadil dari Badan Kontrol Finansial Klub (CFCB) UEFA untuk mencoret AC Milan dari kompetisi klub UEFA tidaklah proporsional,” bunyi pernyataan CAS.

“Panel mempertimbangkankan bahwa sejumlah elemen penting tidak ditelaah dengan layak oleh dewan pengadil, atau tidak bisa ditelaah dengan layak pada momen ketika keputusan banding dibuat, dan mencatat secara khusus bahwa situasi finansial klub saat ini lebih baik, menyusul perubahan kepemilikan klub baru-baru ini.”

“Panel memutuskan mengembalikan kasus ke dewan pengadil CFCB UEFA karena klub sebelumnya meminta kasus ini dikembalikan ke UEFA, dan karena panel mempertimbangkan bahwa dewan pengadil ada di posisi lebih baik ketimbang panel CAS untuk mengeluarkan tindakan pendisiplinan baru yang lebih proporsional dengan basis situasi finansial klub saat ini,” demikian pernyataan CAS.

Sebelum banding diterima AC Milan, dijatuhi hukuman dicoret dari kompetisi Eropa oleh UEFA pada 27 Juni 2018 lalu. Hukuman ini diberikan kepada Rossoneri karena mereka melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). Maka meski finis keenam di Serie A musim lalu, Milan pun kehilangan jatah untuk bermain di Liga Europa musim depan.

Tapi kemudian mereka mengajukan banding ke CAS. Dalam prosesnya banding tersebut diterima, fans AC Milan pun kini bisa melihat klub pemilik 7 gelar Liga Champions itu, berlaga di kompetisi antar klub benua biru, meski hanya di Liga Eropa.