Gianluigi Buffon saat memrotes keras keputusan wasit yang dinilai merugikan Juventus.
Gianluigi Buffon saat memrotes keras keputusan wasit Michael Oliver yang dinilai merugikan Juventus.

Gianluigi Buffon dikabarkan, telah dilarang mengikuti 3 pertandingan Eropa berikutnya oleh UEFA. Larangan tersebut terkait oleh komentar yang ia ucapkan kepada wasit asal Inggris saat Juventus kalah atas Real Madrid di perempatfinal Liga Champions.

Penjaga gawang legendaris itu, melakukan tindakan  kontroversi saat ia mendapatkan kartu merah. Dianggap memprotes secara berlebihan atas penalti yang diterima Juventus membuat Michael Oliver terpaksa harus mengeluarkan Buffon.

Setelah pertandingan, Buffon kemudian menjadi seseorang yang sangat kritis terhadap Oliver, dengan mengatakan bahwa wasit itu tidak mempunyai hati.

Seminggu sebelum final Liga Champions digelar, Buffon kemudian menyampaikan permintaan maafnya ke pada Oliver atas ucapan yang ia lontarkan.

“Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA telah memutuskan untuk menangguhkan pemain Juventus, Gianluigi Buffon untuk tiga pertandingan kompetisi UEFA yang mana ia akan menerima hukuman tersebut,” tulis UEFA sebuah dalam pernyataan di situsnya.

Gianluigi Buffon telah mengakhiri  17 tahun masa baktinya bersama Juventus. Selama berkarir untuk klub Turin, Buffon telah mempersembahkan 8 gelar Serie A, tanpa satu pun gelar Liga Champions.

Buffon telah bermain untuk Juventus sejak tahun 2001. Untuk saat ini, Buffon tidak ingin bermain untuk klub Italia dan belum memutuskan untuk hengkang ke klub manapun. Masa depan penjaga gawang legendaris ini pun masih tanda tanya.